Pelatihan Pengelolaan Website

Bertempat di ruang kolaboratif FKIP Unipdu, pada hari kamis tanggal 26 Agustus 2021 dilaksanakan pelatihan pengelolaan website. Pelatihan ini diikuti oleh tenaga pendidik (tendik) dari FKIP dan Pascasarjana Unipdu. Tujuan pelatihan adalah agar tendik mampu mengelola websitenya menjadi lebih dinamis dan informatif. Hal ini berguna agar pengguna, terutama civitas akademik Unipdu, mendapatkan informasi terkini tentang aktivitas akademik di Unipdu. Tujuan lain adalah agar masyarakat yang membutuhkan informasi berkenaan dengan segala aktivitas di Unipdu dapat terpenuhi.

Bertindak sebagai pemateri adalah tim Puskomnet Unipdu. Direktur Puskomnet H. Yosi Agustiawan, ST., MMT., AFHEA., Ph.D dalam pembukaan pelatihan menyatakan bahwa, website harus menjadi sumber informasi utama untuk memudahkan pelayanan kepada civitas akademik. Untuk itu setiap informasi sebaiknya disimpan dan ditata dengan baik. Lebih lanjut beliau memberikan contoh sederhana, tidak boleh lagi ada mahasiswa bertanya kemudian Tendik harus mencari jawabannya dengan membuka-buka lemari. Tetapi Tendik bisa langsung mencari di websitenya masing-masing

Dalam pelatihan ini juga diberikan materi pendukung yaitu pengelolaan email dan cloud storage. Hal ini untuk mengantisipasi perkembangan komputasi awan (cloud computing). Sehingga manajemen data dapat dikelola lebih efektif dan efisien. Materi lain yang diberikan adalah pengelolaan media sosial. Agar media sosial dapat menjadi tali pengikat antar sivitas akademik.

Padatnya materi pelatihan diperlukan agar Tendik dapat mengikuti perkembangan dunia IT yang semakik pesat. Diakhir pelatihan Direktur Puskomnet  menegaskan bahawa FKIP dan Pascasarjana adalah pilot project pengembangan dan pengelolaan website di Unipdu. Hal ini berarti Tendik yang mengikuti program pelatihan ini harus siap menjadi mentor bagi satker-satker lain. Manual pelatihan yang ada disini dapat digunakan sebagai pedoman.