Kepuasan Pengguna Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unipdu Jombang

 

Survey kepuasan pengguna lulusan adalah survey yang dilakukan oleh institusi pendidikan terhadap pengguna lulusan institusi tersebut. Survey ini bertujuan untuk mengukur kualitas lulusan dari sudut pandang pengguna, apakah kualitas lulusan yang dihasilkan seperti yang diharapkan oleh pengguna. Tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna lulusan merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dalam institusi pendidikan tersebut. 

Survey kepuasan pengguna ini hanya merupakan salah satu dari instrumen untuk mengukur kualitas lulusan institusi pendidikan. Aspek yang diukur pada umumnya mencakup tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pengguna terhadap kemampuan lulusan. Kemampuan lulusan yang dinilai berkaitan dengan hardskill dan softskill 

Dalam upaya perbaikan mutu pendidikan diperguruan tinggi agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan dapat berkiprah dalam pembangunan maka salah satu indikator keberhasilan adalah aspek relevansi. Tracer study melalui survey tanggapan penggunaan lulusan merupakan pendekatan yang memungkinkan institusi pendidikan tinggi memperoleh informasi tentang kekurangan yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan dan proses pembelajaran dan dapat merupakan dasar untuk perencanaan aktivitas untuk penyempurnaan dimasa yang akan datang. Upaya dalam perbaikan telah banyak dilakukan, baik dibidang akademik maupun non akademik. Upaya tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki mutu lulusan sesuai tuntutan globalisasi. Lulusan yang memiliki kemampuan bersaing diera global adalah lulusan yang memiliki berbagai jenis kemampuan mengikuti kebutuhan stakeholders. Dengan kemampuan yang dimiliki diharapkan lulusan dapat menjadi kader pemimpin bangsa dimasa mendatang. Selain itu, para lulusan dapat juga diminta untuk menilai kondisi studi yang mereka alami selama mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran. Tracer study sangat dibutuhkan oleh setiap perguruan tinggi untuk mengetahui keberhasilan proses pendidikan telah dilakukan terhadap anak didiknya. 

Adanya penilain kinerja program study oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN PT) merupakan dasar pijakan pengembangan program kegiatan akademik. Salah satu butir dalam isian borang akreditasi ialah mengenai 3 evaluasi kinerja lulusan oleh pihak pengguna lulusan.Pertanyaan yang dimunculkan adalah bagaimana tanggapan pihak pengguna terhadap lulusan dilihat dari kemampuan aspek : (1) Etika berperilaku, (2) Kinerja yang terkait dengan kompetensi utama, (3) Kemampuan bekerja dalam tim, (4) Kemampuan berkomunikasi, (5) Kemampuan berbahasa Inggris, (6) Kemampuan penggunaan teknologi informasi, dan (7) Upaya pengembangan diri. Pertanyaan tersebut mengindikasikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh lulusan di bangku kuliahan dapat bermaanfaat bagi pihak penggunaan melalui karya nyata lulusan yang bersangkutan. 

Kegiatan tracer study melalui survey tanggapan pengguna lulusan diadakan oleh Akademi Kebidan Pelamonia adalah untuk mengidentifikasi kualitas lulusan Akademi Kebidanan Pelamonia di samping itu juga untuk mengidentifikasi profil kompetensi alumni, mengetaui relevansi kurikulum yang diterapkan di Akademi kebidana Pelamonia dengan kebutuhan pasar kerja memberikan masukan pada pengembangan kurikulum, memperoleh gambaran kompetensi yang dibutuhkan pengguna serta masukan untuk akreditasi. 

Survey ini diharapkan dapat memberikan mafaat kepada : (1) program studi agar dapat melakukan perbaikan sistem pendidikan dan pengajaran serta mengevaluasi relevansi kurikulum yang sudah ada untuk meninggakat kuali\tas layanan pendidikan. (2) stakeholders dapat memberikan masukan pada program studi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan mahasiswa prodi Akdemi Kebidanan Pelamonia sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja. 

Laporan tentang tingkat kepuasan pengguna lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris bisa diunduh dari tautan di bawah ini:

Laporan tentang tingkat kepuasan pengguna lulusan Prodi PBI dan Rencana Tindak Lanjut

 

Jika anda adalah pengguna lulusan kami, mohon isi formulir berikut untuk memberikan penilaian kepuasan anda terhadap lulusan kami:

Formulir tingkat kepuasan pengguna lulusan Prodi PBI Unipdu